Meski Ditengah Runyamnya Masalah Timah, Kolektor Masih Rutin Beli dan Kirim Timah ke Bangka

  • Update Selasa, 30 Juli 2024
  • Hukum
  • Dilihat : 173 kali

Belitung, 30-07-2024 | Sarwamedia.com

Pembelian bijih Timah dari sumber ilegal untuk dikirim ke pulau Bangka diam-diam berjalan dengan lancar. Dari penelusuran dan informasi yang berhasil dihimpun, setidaknya ada dua orang kolektor yang rutin membeli bijih timah dari para penambang ilegal maupun meja goyang yang ada di Belitung. Bijih timah yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dikirim ke pulau Bangka lewat jalur laut.

Praktek ini bisa berjalan dengan mulus selama ini tidak lepas dari koordinasi yang dilakukan, demikian ungkap sumber yang enggan diungkap identitasnya.

Praktek ini jelas tidak dapat dibenarkan. Ilegal mining jelas merugikan, oleh karna itu ini juga harus menjadi perhatian aparat penegak hukum.

Ditemui dalam suatu diskusi pada Senin (29/07/2024) lalu, Andri selaku Wakil Ketua 1 Pemuda Pancasila Kab. Belitung mengatakan bahwa praktek kolektor yang menampung dan mengirim timah ke pulau Bangka jelas merugikan.

"Mereka membeli dengan harga murah dari masyarakat, dan menjual dengan harga selisih yang sangat jauh," ungkap Andri.

Hal ini tentu saja meresahkan, hanya mengambil kesempatan dari keadaan yang sulit saat ini. Apapun itu kami meminta aparat penegak hukum bertindak adil papar Andri.

"Demi keadilan saya meminta aparat menindak kolektor timah ilegal ini, jangan hanya masyarakat kecil penambang yang ditertibkan," lanjutnya.

Kami meminta aparat hukum bertindak tegas tidak tebang pilih, agar tercipta rasa keadilan di Masyarakat tutup Andri mengakhiri perbincangan. (Red).

Form Komentar
Komentar Anda