Firny Wakili Babel pada Pemilihan Tingkat Nasional, Setelah Terpilih Sebagai Putri Budaya Bangka-Belitung

  • Update Rabu, 17 Juli 2024
  • Viral
  • Dilihat : 207 kali

Bangka Belitung, 17-07-2024 | Sarwamedia.com
Dia adalah Firny Erly Yosfira nama lengkap gadis cantik asal Belitung,dia tampak bahagia dan bangga. Tentu saja ia bahagia, Firny berhasil lolos seleksi dalam Pemilihan Putra Putri Budaya tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2024.

Selanjutnya Firny akan mewakili Provinsi Babel di kancah nasional dalam ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia tahun 2024 karna keberhasilannya, acara tersebut akan berlangsung di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada tanggal 3 hingga 7 Oktober 2024 mendatang.

Firny mengaku tidak pernah menyangka bakal terpilih sebagai Putri Budaya Babel tahun 2024,demikian ujar putri dari Ibu Elly Yatriani, warga Jalan Air Kelubi RT 40 RW 16 Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung

"Alhamdulillah, ini sebuah nikmat yang diberikan Allah, dari sekian banyak peserta yang ikut serta dalam pemilihan tersebut, saya terpilih sebagai Putri Budaya Provinsi Babel tahun 2024. Dan Alhamdulillah, saya akan mewakili Babel di ajang Pemilihan tingkat nasional di Sulawesi Tengah," ungkap gadis berusia 17 tahun ini, Rabu (17/07/2024).

Lulusan SMK Negeri 1 Tanjungpandan Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ini menuturkan, seleksi Pemilihan Putra Putri Budaya tingkat Provinsi Babel tersebut dilaksanakan secara online pada awal Bulan Juni 2024 lalu.

"Untuk ikut seleksi tersebut, saya dan peserta lainnya mendaftar secara online melalui link google chrome pada bio instagram @putraputribudayaindonesia," jelas calon Mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Jurusan Pendidikan Seni Tari ini.

Pemenang Wakil 2 Dayang Belitung tahun 2023 ini mengatakan, kriteria penilaian dalam seleksi Pemilihan Putra Putri Budaya Provinsi Babel tersebut sesuai dengan temanya yakni, Cerdas-Berkarakter-Berbudaya. Firny terpilih bersama Rosdian Asri Prihatino, pemenang Putra Budaya Babel 2024 yang juga berasal dari Belitung.

"Secara pasti saya tidak mengetahui jumlah peserta yang ikut, infonya sih banyak peserta dari Pulau Bangka, sedangkan dari Pulau Belitong hanya sekitar 3 atau 4 orang yang ikut. Alhamdulillah, yang terpilih untuk putra dan putrinya, dua-duanya dari Belitong," sebut Firny.

Firny hobi menari, pageants atau modelling ini mengatakan, motivasinya dalam mengikuti Pemilihan Putra Putri Budaya tersebut karena ia sangat menyukai kesenian dan kebudayaan sejak kecil. Hal ini diawalinya sejak bergabung dalam sanggar seni tari.

Firny pun memilih untuk kuliah dengan mengambil Jurusan Pendidikan Seni Tari di UPI Bandung karna kecintaannya pada seni. Keinginannya tersebut terkabul, setelah Firny dinyatakan lulus dan diterima di UPI Bandung melalui Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

"Motivasinya, karena sejak kecil saya sangat menyukai kesenian dan kebudayaan, semenjak bergabung di sanggar seni tari. Mulai dari situlah, kecintaan terhadap seni dan budaya mulai berkembang. Motivasi lainnya, setelah saya memenangkan Pemilihan Bujang Dayang Belitung tahun 2023 kemarin," kata pemilik zodiak Libra ini.

Firny gadis yang sarat dengan prestasi di bidang seni tari dan modelling ini mengaku, banyak persiapan yang akan dilakukannya dalam menghadapi Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia tahun 2024 tingkat nasional yang akan berlangsung di Sulteng tersebut.

"Tentunya banyak sekali persiapan yang akan saya lakukan, mulai dari photoshoot, videoshoot, berlatih public speaking, belajar materi-materi terkait budaya kita, Provinsi Bangka Belitung, serta akan terus menambah wawasan lainnya untuk meningkatkan kualitas diri," tutur bungsu dari 2 bersaudara ini.

Firny juga berharap dukungan dari seluruh masyarakat di Provinsi Babel, sehingga nantinya mampu membuktikan diri dalam ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia tahun 2024. Melalui ajang Pemilihan tersebut, Ia berkeinginan kuat untuk mengharumkan nama Provinsi Babel, khususnya Pulau Belitong.

"Melalui kompetisi ini, saya juga ingin membanggakan keluarga saya, teman-teman saya, guru-guru saya, dan semua masyarakat Babel, khusunya Pulau Belitong. Dan yang terpenting, saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya nanti. Tentunya, setelah mengikuti kompetisi ini, saya tidak akan berpuas diri, dan akan terus mencoba hal-hal baru lainnya," pungkas Firny. (red)

Sumber : Yudi AB

Form Komentar
Komentar Anda